Sunday, October 16, 2011

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Penduduk adalah orang yang tinggal didaerahh dalam suatu negara, orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut, dalam arti orang yang memiliki surat resmi untuk tinggal di situ (bukti kewarganegaraan/KTP).
Berbicara tentang penduduk , maka kita juga akan berbicara mengenai  

Masyarakat (manusia yang mendiami lingkungan tertentu)
-minimal beranggota 2 orang
-mempunyai kesadaran bahwa dia adalah bagian dari satu kesatuan anggota kelompok
-melakukan hubungan dan membuat aturan-aturan perindividu dalam hubungan bermasyarakat
-hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan serta ketergantungan satu sama lain
dan kebudayaan suatu wilayah, karena bagaimana pun penduduk pasti akan berkreasi dari hasil interaksi masyarakat yang menghasilkan sebuah kebudayaan.
sebuah kelompok masyarakat akan membentuk kepribadian dan watak kita , maka dari itu ada pepatah mengatakan "jati diri seseorang dapat dilihat dari dimana ia tinggal". hubungan masyarakat akan menciptakan sebuah kreasi, sepasif apapun hubungan itu maka itulah yang disebut dengan kebudayaan ,dan setiap lingkungan akan menghasilkan kebudayaan dan perilaku masyarakat yang berbeda.
contoh kecilnya , coba bandingkan perilaku masyarakat yang menggunakan adat barat dan adat timur . Disana akan terlihat jelas bahwa pribadi seseorang akan terbentuk oleh sebuah kebudayaan tempat dia tinggal.

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan penduduk dan masyarakat.karena kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain dalam hubungan bermasyarakat.

No comments:

Post a Comment