Thursday, October 11, 2012

TEORI ORGANISASI UMUM

  • PENGERTIAN ORGANISASI DAN MACAM-MACAM ORGANISASI.

A. PENGERTIAN ORGANISASI
      Dari saya sendiri, organisasi adalah sebuah sistem yang di bentuk oleh beberapa individu yang mempunyai pemikiran yang sama untuk mencapai tujuan bersama dan juga organisasi adalah sebuah wadah untuk menampung aspirasi-aspirasi dari individu lainnya.

Menurut beberapa ahli, organisasi dipengaruhi oleh berbagai aspek:

1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang yang ada dibawah pengawasan dan pengarahan atasan untuk mengejar tujuan bersama.

2. Menurut Stephen P. Robbins, organisasi merupakan kesatuan social yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi dan bekerja atas dasar yang relative terus=menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi dalam sebuah organisasi:

A. Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas seperti pimpinan,staf pimpinan dan karyawan.

B. Dalam sebuah organisasi ada pembagian kerja. Artinya setiap individu dalam institusi,baik yang sifatnya komersial maupun social memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.



B. MACAM-MACAM ORGANISASI:

1. ORGANISASI NIAGA


PENGERTIAN: Organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan.

Macam-macam Organisasi Niaga :
       1)     Perseroan Terbatas (PT)‏
       2)     Perseroan Komanditer (CV)‏
       3)     Firma (FA)‏
       4)     Koperasi


2. ORGANISASI SOSIAL


PENGERTIAN: Organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat.

Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :

1) Jalur Keagamaan
2) Jalur Profesi
3) Jalur Kepemudaan
4) Jalur Kemahasiswaan
5) Jalur Kepartaian & Kekaryaan

3. ORGANISASI REGIONAL DAN INTERNASIONAL


PENGERTIAN :

1) Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.

2) Organisasi Internasional adalah Organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.
  • BAGAN STRUKTUR ORGANISASI

1. BAGAN HORIZONTAL

Dikatakan horizontal karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam suatu organisasi tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping.


2. BAGAN VERTIKAL

Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam organisasi banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.


3. BAGAN LINGKARAN

Bagan ini berbentuk lingkaran karena mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk. pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.

4. BAGAN PIRAMIDA

Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.
  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGIATAN ORGANISASI.

Faktor- faktor yang mempengaruhi organisasi secara umum digolongkan dengan pengaruh internal dan eksternal :

1. Pengaruh Internal merupakan faktor yang berasal dari dalam organisasi itu sendiri baik dari pimpinan, karyawan, dan aspek yang menjadi internal suatu organisasi. Faktor internal merupakan faktor yang sangat crucial karena dapat berdampak besar bagi organisasi, dampaknya dapat berupa kemajuan maupun keruntuhan dan kegagalan organisasi tersebut.



2. Pengaruh Eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar organisasi. faktor eksternal juga dapat memberikan dampak bagi organisasi tersebut, namun apabila internal organisasi dapat mempertahankan konsep pemikiran serta pandangan terhadap tujuan organisasi, faktor eksternal tidak begitu berpengaruh.

  • EFISIEN DAN EFEKTIF SUATU ORGANISASI

EFISIENSI ORGANISASI : Perbandingan terbaik antara suatu kegiatan dengan hasilnya. Menurut definisi ini, efisiensi terdiri atas 2 unsur yaitu kegiatan dan hasil dari kegiatan tersebut. merupakan suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber/biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan di sebuah organisasi.

EFEKTIFITAS ORGANISASI : Seberapa besar tingkat kelekatan output yang dicapai dengan output yang diharapkan dari sejumlah input yang diorganisasikan di suatu organisasi.

No comments:

Post a Comment